Cerita tentang cinta dan kehidupan

Cara Mengatasi Plak (Karang Gigi)

Karang gigi (Plak) adalah kerak bakteri yang berupa lapisan tidak berwarna dan lengket (kadang mengeras) yang terbentuk diantara pertemuan gigi dengan gusi. Plak ini menyebabkan pembusukan dan penyakit pada gusi. Karang gigi biasanya berkembang dari plak gigi yang dibiarkan menempel pada tepi gusi. Pada umumnya Karang gigi terletak di tepi gusi (supragingival), bisa juga masuk ke celah antara gigi dan gusi (subgingival). Biasanya seperti karang berwarna putih-kuning sampai ada yang kuning kehijauan.
Pembentukan karang gigi (dental calculus) memang dapat dicegah, karena pada dasarnya kalkulus adalah plak (kotoran gigi) yang mengeras karena adanya mineral yang mengendap yang berasal dari cairan mulut dan makanan/minuman. Jadi bila anda membersihkan gigi dengan benar dan teratur, terutama di sela-sela gigi, maka plak akan bersih sebelum terlanjur mengeras.
Kecepatan bertumpuknya karang gigi pada setiap orang berbeda-beda, jadi tidak dapat dikatakan secara rata-rata berapa kali karang gigi ini harus dibersihkan. Biasanya begitu terlihat banyak, segera dibersihkan. Bila kita rajin berkonsultasi ke dokter gigi (setahun 2 kali) biasanya dokter dapat segera memutuskan apakah karang gigi ini perlu segera dibuang, karena bila dibiarkan akan menyebabkan peradangan gusi selain bau mulut.. Pembersihan karang gigi (disebut scaling) bisa dilakukan secara manual,atau dengan bantuan alat namanya ultrasonic scaler, oleh dokter atau perawat gigi dan tidak bisa dilakukan sendiri.
Pada umumnya Karang gigi terletak di tepi gusi (disebut supragingival), bisa pula masuk ke celah antara gigi dan gusi (disebut subgingival). Biasanya seperti karang berwarna putih-kuning dampai ada yang kuning kehijauan. Bila berasal dari kebiasaan merokok atau minuman seperti teh, kopi, coke dsb , biasanya menempel sebagai lapisan tipis di hampir semua permukaan gigi dan memberi noda berwarna kecoklatan sampai hitam.
Ada ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Anda bisa menggunkaan Biji Asam Jawa (secukupnya) kemudian Sangrai (goreng tanpa minyak) biji asam jawa tersebut, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau di blender. Gosokkan biji asam jawa yang sudah halus tersebut pada gigi yang terdapat karangnya menggunakan kapas atau sikat gigi.

Cara Mencegah Plak

·  Untuk mencegah penumpukan plak, sikat gigi minimal dua kali sehari dengan ujung, berbulu lembut bulat-sikat gigi, atau Braun Oral B listrik Plak Remover. Pay particular attention to the space where the gums and teeth meet. Bayar perhatian khusus pada ruang dimana gusi dan gigi bertemu. Use a fluoride-containing toothpaste. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.
·  Floss between teeth at least once a day to remove food particles and bacteria. Floss antara gigi minimal sekali sehari untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri.
·  See your dentist or oral hygienist every 6 months for a check-up and teeth cleaning. Lihat dokter gigi atau ahli kesehatan oral setiap 6 bulan untuk cek-up dan pembersihan gigi.
·  Ask your dentist if a fissure sealant is appropriate for you. Tanyakan dokter gigi Anda jika sealant fisura tersebut sesuai untuk Anda. Fissure sealants are a thin, plastic coating that are painted on the chewing surfaces of teeth to protect them from cavities and decay. Fissure Sealant adalah lapisan tipis plastik yang dicat pada permukaan mengunyah gigi untuk melindungi mereka dari gigi berlubang dan membusuk.
·  Eat a balanced diet and limit the number of between-meal snacks especially sugar containing foods. Makan diet seimbang dan membatasi jumlah camilan di antara jam makan terutama makanan yang mengandung gula. If you need a snack, choose nutritious foods such as plain yogurt, cheese, or raw vegetables. Jika Anda membutuhkan snack, memilih makanan bergizi seperti yoghurt polos, keju, atau sayuran mentah. Vegetables, such as celery, help remove food and help saliva neutralize plaque-causing acids. Sayuran, seperti seledri, membantu menghilangkan makanan dan air liur membantu menetralisir asam penyebab plak.



 
Copyright © 2014 Jambo Cinta - All Rights Reserved
Template Edited By. Catatan InfoCatatan Info